TERKINI DAN TERBARU....... TANTANGAN GURU MENYONGSONG KURIKULUM 2013

Selamat siang rekan-rekanku tercinta... ini dia informasi terbaru tentang tantangan guru menyongsong kurikulum 2013..
Guru terpilih dengan sebutan guru master atau guru inti padaKurikulum 2013 kurang efektif karena nyaris tak bergerak atau tidak digerakkan dengan program dan dana yang mengiringinya.
Tantangan Guru Menyongsong Kurikulum 2013
Akibatnya siswa terbebani dengan label Kurikulum 2013, sedangkan proses pembelajaran masih belum beubah juga. Guru masa depan tidak akan mengebiri perkembangan peserta didiknya.
Didiklah peserta didik sesuai zamannya. Ungkapan ini merupakan cambuk bagi guru untuk berubah ke arah lebih baik. Faktor guru masih dijadikan sorotan utama dalam mengaplikasikan kurikulum ini. Perubahan kurikulum akan menimbulkan penyempunaan cara belajar.
Peserta didik berharap banyak pada guru sambil berusaha keras untuk menunggu perubahan yang berarti. Mereka ingin menjadi orang hebat, sedangkan program model pembelajaran guru untuk mengaplikasikan pendekatan saintifik Kurikulum 2013masih belum kokoh bagi guru.
Peserta didik menunggu penyempurnaan pembelajaran dari pemerintah. Inovatif guru sangat dinanti. Model pembelajaran yang menyenangkan sangat mereka tunggu.
Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013 tegas menyatakan esensi perubahan Kurikulum 2013 tentang standar kompetensi lulusan (SKL) yang bermuara pada kriteria kualifikasi sikap, kemampuan, dan keterampilan.
Pendekatan awal pengamatan dapat dilakukan peserta didik dengan melihat, membaca, mendengar/menyimak. Keterampilan bertanya pun perlu dimiliki guru untuk memancing peserta didik mengembangkan diri sambil mengasah daya nalar yang diukur dengan penilaian autentik.
Demikian info dari kami semoga bermanfaat....

0 Response to "TERKINI DAN TERBARU....... TANTANGAN GURU MENYONGSONG KURIKULUM 2013"

Post a Comment