SIAPKAN DIRI ANDA....PEMERINTAH BELANDA KEMBALI TAWARKAN BAESISWA STUNED

Kedutaan Besar Belanda kembali menyelenggarakan Nuffic Neso Indonesia sebagai bagian dari Holland Scholarship Day.  Tujuannya  memberi informasi  kesempatan belajar di institusi pendidikan tinggi Belanda melalui berbagai program beasiswa.

Program beasiswa tidak hanya dari pemerintah Belanda, juga dari pemerintah Indonesia dan lembaga lainnya. Salah satu beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa stuned atau Studeren in Nederland, atau studi di Belanda, yang merupakan program beasiswa dari kebijakan kerjasama pembangunan pemerintah Belanda yang bertujuan untuk mendukung pencapaian United Nations Millenium Development Goals pada 2016.
Ilustrasi bendera Belanda dan Indonesia


Koordinator Beasiswa Neso Indonesia, Indy Hardono, menjelaskan beasiswa StuNed merupakan beasiswa penuh dari pemerintah Belanda untuk program Master, Short course dan juga Tailor Made Training yang diperuntukkan bagi warga negara Indonesia. Kriteria seleksi StuNed menitikberatkan pada faktor keunggulan dan keterkaitan dengan area prioritas kerja sama Indonesia- Belanda.

“ Program-program Beasiswa StuNed secara umum menitikberatkan pada pengembangan dan peningkatan kapasitas individu dan institusi dalam rangka peningkatan daya saing global sumber daya manusia Indonesia,” kata dia berdasarkan siaran pers yang diterima, Senin, (18/1).

Dia menambahkan, kerangka kerjasama bilateral dengan Indonesia untuk pendidikan tercantum dalam Multi-Annual Policy Framework 2014 - 2017 untuk lima bidang yang diprioritaskan seperti, Keamanan dan Penegakan Hukum, Air, Agro Pangan dan Hortikultura, Transportasi dan Logistik, dan Sektor Medis.

Direktur Nuffic Neso Indonesia, Mervin Bakker menjelaskan, sistem pendidikan di Belanda yang ditawarkan ke Indonesia selain kualitas tinggi dan perguruan tinggi yang ditawarkan masuk dalam ranking universitas di dunia yang melaksanakan sistem pendidikan interaktif dengan lingkungan internasional serta rasa toleransi yang tinggi.

Dia juga menjelaskan, Nuffic Neso Indonesia adalah organisasi non-profit yang ditunjuk resmi dan didanai oleh pemerintah Belanda untuk menangani berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan tinggi Belanda dan untuk StuNed sejak diluncurkan pada 2.000, sudah memberikan beasiswa lebih dari 4.000 orang Indonesia

“ Neso Indonesia adalah perwakilan Nuffic, organisasi Belanda yang menangani kerja sama internasional di bidang pendidikan tinggi. Neso Indonesia menyediakan informasi serta memberikan konsultasi secara cuma-cuma mengenai lebih dari 2.100 program studi yang diberikan dalam bahasa Inggris,” kata dia.

Selanjutnya, dia mengatakan, Neso Indonesia juga memprakarsai dan memfasilitasi kerja sama di bidang pendidikan tinggi antara institusi di Indonesia dan Belanda. Bersama dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia, setiap tahun Neso Indonesia menawarkan program beasiswa bagi warga negara Indonesia dalam bentuk program master dan pelatihan. ‎

Duta Besar Belanda, Rob Swartbol mengatakan, program beasiswa yang ditawarkan kedua negara memperjelas kuatnya relasi sejarah dan budaya, serta visi untuk memperkuat relasi kerjasama ke depannya.

Dia menegaskan, sebagai generasi muda menjadi titik tolak untuk menjaga hubungan bilateral Indonesia-Belanda. Terlebih lagi, Belanda merupakan destinasi populer program beasiswa dari pemerintah Indonesia seperti lembaga pengelolaan dana pendidikan (LPDP), Kementerian Komunikasi dan Informatika dan SPIRIT- Bappenas dan Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk para generasi muda yang berprestasi.


Demikian info yang dapat kami sampaikan..semoga bermanfaat.

0 Response to "SIAPKAN DIRI ANDA....PEMERINTAH BELANDA KEMBALI TAWARKAN BAESISWA STUNED"

Post a Comment