INILAH SEJARAH,,,,,,, HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL YANG DIPERINGATI HARI INI, SELASA 8 MARET 2016

 Happy Woman Day's ......
Hari Perempuan Internasional Diperingati Google Doodle Hari Ini, Selasa 8 Maret 2016. Google kembali memberikan sebuah apresiasi yang terlihat pada logo Google hari ini. Jika kita membuka halaman utama mesin pencari tersebut, akan terlihat gambar animasi “Google” dimana terlihat gambar perempuan. Hal ini untuk memperingati Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap 8 Maret.

Selain itu, huruf ketiga yakni huruf “O” dari rangkaian kata “Google” jika kita klik maka akan menayangkan sebuah video berbagai aktivitas perempuan di seluruh dunia dengan animasi yang sangat menarik. Setelah selesai memutar video tersebut, kita langsung akan diarahkan pada pencarian dengan kata kunci “Hari Perempuan Internasional“



Ilustrasi (dok. Antara)


Hari perempuan internasional atau sering biasa disebut “Women’s Day” merupakan peringatan atas keberhasilan perempuan dalam bidang politik, ekonomi dan sosial. Awal mula lahirnya hari perempuan internasional yakni ketika terjadi gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi yang menyebabkan timbulnya protes-protes mengenai kondisi kerja. Puncaknya, pada 8 Maret 1857 tepatnya di New York City, kaum perempuan dari pabrik pakaian dan tekstil mengadakan protes. Hal ini dilakukan karena mereka merasa mengalami kondisi kerja yang sangat buruk dengan gaji yang rendah.
Baca juga :

    Hari Lahir Georges Perec Ke-80 Diperingati Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia ?
    Tahun Kabisat 2016 Diperingati Google Doodle Hari Ini, 29 Februari 2016
    Berita Hari Ini : Lebih Dekat Tentang Amrita Sher-Gil, Tokoh Google Doodle Hari Ini

Karena hal inilah muncul berbagai protes terkait dari para buruh yang selalu dibubarkan oleh polisi. Hal ini memicu para perempuan untuk membentuk sebuah serikat buruh yang akhirnya dibentuk pada bulan Maret 1859. Dari sekian kejadian protes yang dilakukan kaum buruh perempuan ini, kejadian yang paling berarti adalah pada tahun 1911 ketika terjadi kebakaran pabrik Triangle Shirtwaist di New York yang mengakibatkan 140 orang perempuan kehilangan nyawanya.

Doodle hari perempuan internasional 2016

Perayaan hari perempuan internasional di negara barat, dimulai pada tahun 1910- 1920 namun kemudian perlahan menghilang. Hal ini kembali dihidupkan pada tahun 1960-an ketika feminisme kembali bangkit. Dengan dihidupkannya kembali peringatan hari perempuan internasional ini, maka PBB ikut meresponnya dengan mensponsori peringatan hari perempuan internasional pada tahun 1975


Sekian info yang dapayt kami samapaiakn ,,,, Happy Women Day's

0 Response to "INILAH SEJARAH,,,,,,, HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL YANG DIPERINGATI HARI INI, SELASA 8 MARET 2016"

Post a Comment